Perpustakaan Sekolah dan Penggunaannya
Saat ini
Perpustakaan sekolah sebagai salah satu
sarana pendidikan penunjang kegiatan belajar siswa memegang peranan yang sangat
penting dalam memacu tercapainya tujuan pendidikan di sekolah. Pendidikan tidak
mungkin terselenggara dengan baik bila para tenaga kependidikan maupun para
peserta didik tidak didukung oleh sumber belajar yang diperlukan untuk
penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar yang bersangkutan. Salah satu sumber
belajar yang amat penting, tetapi bukan satu-satunya adalah perpustakaan.
Jika melihat penjelasan tersebut di
atas, hakikat perpustakaan sekolah adalah pusat sumber belajar dan sumber
informasi bagi pemakainya. Perpustakaan dapat pula diartikan sebagai tempat
kumpulan buku-buku dihimpun dan diorganisasi sebagai media belajar siswa. Jika
dikaitkan dengan proses belajar mengajar disekolah perpustakaan memberikan
sumbangan yang sangat berharga dalam upaya meningkatkan aktivitas siswa serta
meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran. Melalui penyediaan
perpustakaan, siswa dapat berinteraksi dan terlibat langsung baik secara fisik
maupun mental dalam proses belajar. Perpustakaan sekolah merupakan bagian
integral dari program sekolah secara keseluruhan, dimana bersama-sama dengan
komponen pendidikan lainnya turut menentukan keberhasilan proses pendidikan dan
pengajaran. Melaui perpustakaan siswa dapat mendidik dirinya secara
berkesinambungan.
Fungsi perpustakaan secara umum, 1.
Sebagai fungsi informasi, 2. Sebagai fungsi pendidikan, 3. Sebagai fungsi
kebudayaan, 4. Sebagai fungsi rekreasi, 5. Sebagai fungsi penelitian, dan 6.
Sebagai fungsi deposit yaitu: perpustakaan berkewajiban menyimpan dan melestarikan karya cetak dan karya rekam yang diterbitkan.
Perpustakaan sekolah bertujuan menyerap
dan menghimpun informasi, mewujudkan suatu wadah pengetahuan yang
terorganisasi, menumbuhkan kemampuan menikmati pengalaman imajinatif, membantu
perkembangan kecakapan bahasa dan daya pikir, mendidik murid agar dapat
menggunakan dan memelihara bahan pustaka secara efisien, serta memberikan dasar
ke arah studi mandiri.
Secara umum perpustakaan sekolah sangat
dibutuhkan dilingkungan sekolah sebagai penunjang keberhasilan proses belajar
mengajar. Perpustakaan sekolah juga sangat dipengaruhi oleh jenjang sekolah.
Secara umum ada dua jenjang sekolah yaitu tingkat pendidikan dasar yang
meliputi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan
tingkat pendidikan menengah terdiri dari Sekolah Menengah Umum (SMU) dan
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jenjang sekolah tersebut berpengaruh terhadap
aspek-aspek pembinaan perpustakaan sekolah yang perlu disesuaikan dengan
jenjang tiap-tiap sekolah.
Secara umum perpustakaan sekolah
mengalami hambatan, yaiutu koleksi yang tidak memadai, tidak memiliki ruang
perpustakaan, jam buka belum teratur dan tidak memungkinkan anak menggali
sendiri kebutuhan informasi di perpustakaan, status petugas belum jelas apakah
dia seorang guru ataukah tenaga administrasi ataukah guru
pustakawan. Pertumbuhan perpustakaan sekolah tidak merata untuk seluruh daerah
di Indonesia.
Judul Buku :
Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan
Sekolah
Pengarang :
Darmono
Penerbit :
Grasindo
Tahun Terbit :
2004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar