Senin, 17 Juni 2013

Perpustakaan Sekolah dan Penggunaannya Saat ini

Perpustakaan sekolah sebagai salah satu sarana pendidikan penunjang kegiatan belajar siswa memegang peranan yang sangat penting dalam memacu tercapainya tujuan pendidikan di sekolah. Pendidikan tidak mungkin terselenggara dengan baik bila para tenaga kependidikan maupun para peserta didik tidak didukung oleh sumber belajar yang diperlukan untuk penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar yang bersangkutan. Salah satu sumber belajar yang amat penting, tetapi bukan satu-satunya adalah perpustakaan.
Jika melihat penjelasan tersebut di atas, hakikat perpustakaan sekolah adalah pusat sumber belajar dan sumber informasi bagi pemakainya. Perpustakaan dapat pula diartikan sebagai tempat kumpulan buku-buku dihimpun dan diorganisasi sebagai media belajar siswa. Jika dikaitkan dengan proses belajar mengajar disekolah perpustakaan memberikan sumbangan yang sangat berharga dalam upaya meningkatkan aktivitas siswa serta meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran. Melalui penyediaan perpustakaan, siswa dapat berinteraksi dan terlibat langsung baik secara fisik maupun mental dalam proses belajar. Perpustakaan sekolah merupakan bagian integral dari program sekolah secara keseluruhan, dimana bersama-sama dengan komponen pendidikan lainnya turut menentukan keberhasilan proses pendidikan dan pengajaran. Melaui perpustakaan siswa dapat mendidik dirinya secara berkesinambungan.
Fungsi perpustakaan secara umum, 1. Sebagai fungsi informasi, 2. Sebagai fungsi pendidikan, 3. Sebagai fungsi kebudayaan, 4. Sebagai fungsi rekreasi, 5. Sebagai fungsi penelitian, dan 6. Sebagai fungsi deposit yaitu: perpustakaan berkewajiban menyimpan dan melestarikan karya cetak dan karya rekam yang diterbitkan.
Perpustakaan sekolah bertujuan menyerap dan menghimpun informasi, mewujudkan suatu wadah pengetahuan yang terorganisasi, menumbuhkan kemampuan menikmati pengalaman imajinatif, membantu perkembangan kecakapan bahasa dan daya pikir, mendidik murid agar dapat menggunakan dan memelihara bahan pustaka secara efisien, serta memberikan dasar ke arah studi mandiri.
Secara umum perpustakaan sekolah sangat dibutuhkan dilingkungan sekolah sebagai penunjang keberhasilan proses belajar mengajar. Perpustakaan sekolah juga sangat dipengaruhi oleh jenjang sekolah. Secara umum ada dua jenjang sekolah yaitu tingkat pendidikan dasar yang meliputi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan tingkat pendidikan menengah terdiri dari Sekolah Menengah Umum (SMU) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jenjang sekolah tersebut berpengaruh terhadap aspek-aspek pembinaan perpustakaan sekolah yang perlu disesuaikan dengan jenjang tiap-tiap sekolah.
Secara umum perpustakaan sekolah mengalami hambatan, yaiutu koleksi yang tidak memadai, tidak memiliki ruang perpustakaan, jam buka belum teratur dan tidak memungkinkan anak menggali sendiri kebutuhan informasi di perpustakaan, status petugas belum jelas apakah dia seorang guru ataukah tenaga administrasi ataukah guru pustakawan. Pertumbuhan perpustakaan sekolah tidak merata untuk seluruh daerah di Indonesia.



Judul Buku               :           Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah
Pengarang                :           Darmono
Penerbit                     :           Grasindo
Tahun Terbit             :           2004

Tidak ada komentar:

Posting Komentar